Search

Content

Friday, January 11, 2013

Yuk Memahami Tabel dan Diagram



 
gambar dari SINI

Tabel adalah daftar yang berisi ikhtisar sejumlah faktar informasi yang umumnya berupa bilangan dan nama. Daftar tersebut tersusun secara bersistem dan urut ke bawah di lajur tertentu dengan garis pembatas. Dengan penyusunan yang seperti itu, informasi yang ditampilkan menjadi mudah untuk disimak. Tabel dibuat untuk mempermudah pembaca untuk mengetahui informasi berupa data. Tabel memuat banyak informasi. Kemampuan memahami suatu tabel tidak semudah membaca teks bacaan yang bukan berupa tabel.  

Ada beberapa langkah yang diperlukan dalam membaca tabel, yakni :
1. Membaca judul tabel tersebut.
2. Menentukan informasi yang ada dalam tabel tersebut.
3. Mengumpulkan dan menghubungkan informasi dari isi tabel tersebut.
4. Menyimpulkan informasi tersebut.

Contoh Tabel :
 

 sumber gambar dari SINI 

Contoh informasi yang dapat diketahui dari tabel tersebut, yakni:
Pada tahun 2000 hingga 2003, golongan umur 15 tahun-44 tahun menempati tempat teratas dalam hal mayoritas penduduk.

Di samping tabel, dari sebuah diagram dapat pula diketahui informasi penting.

Diagram adalah gambaran untuk memperlihatkan atau menerangkan sesuatu, yang dapat berupa diagram batang, diagram garis, atau diagram lingkaran.

Contoh-contoh diagram:
1. Diagram batang
Diagram batang juga disebut dengan histogram. Diagram batang lebih tepat digunakan untuk menekankan perbedaan tingkat atau nilai aspek tertentu.


 
Sumber gambar dari SINI


2. Diagram garis
Diagram garis disebut juga sebagai grafik. Diagram garis berguna untuk memperagakan perubahan suatu nilai dari beberapa aspek yang digambarkan secara naik turun.


 
Sumber gambar dari SINI


3. Diagram lingkaran
Diagram lingkaran disebut juga dengan grafik bundar atau pie, yang berguna untuk memaparkan suatu persentase dari beberapa aspek.
 
  
Sumber gambar dari SINI













Protected by Copyscape Unique Content Check




Theme images by nicolecioe. Powered by Blogger.
Dear lovely readers, I am so sorry that you can not copy and then paste what I posted in this blog. I hope you understand about it, for all the hard work I put in writing those postings. But if you really need some contents of what I've posted, you can contact me then via 'Contact Me' 's menu. Thank you for your sincere understanding. Happy reading and learning! :)