Search

Content

Friday, January 11, 2013

Fakta, Opini, Pendapat



sumber gambar dari SINI

Fakta adalah hal yang merupakan kenyataan, sesuatu yang benar-benar aa, terjadi, dan dapat dibuktikan atau diperkuat dengan bukti. Umumnya fakta dalam bacaan ditunjukkan dengan pernyataan yang jelas mengenai nama, tempat, waktu, atau jumlah, atau dapat menjawab pertanyaan tentang apa, siapa, di mana, kapan, dan berapa. Kebenaran dari suatu kalimat fakta itu tidak terbantahkan. Umumnya kalimat fakta ditandai dengan penyajian data berupa angka yang objektif.



Contoh fakta:

Gunung Merapi meletus lagi bulan November 2010 dan memuntahkan lava pijar ke Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.



Opini merupakan tafsiran seseorang tentang sesuatu yang belum terjadi ataupun yang berkaitan dengan perasaan. Namun, opini seringkali disamakan dengan pendapat, walaupun sebenarnya opini dan pendapat itu berbeda.

Kalimat opini umumnya ditandai dengan kata-kata akan, sangat, semakin, bisa jadi, mungkin, sangat, tidak mungkin, seharusnya. Ciri lainnya adalah mengandung kata sifat, seperti mudah, sulit, baik, buruk, menarik.



Contoh opini :

1. Film itu sangat menarik.

2. Pak Hamzasyah akan menambah jumlah taman di perumahan itu, apabila ia mendapatkan lebih banyak donatur untuk proyek taman.



Pendapat merupakan pikiran seseorang tentang sesuatu hal yang berkaitan dengan melihat pada fakta yang ada. Pendapat umumnya dapat menjawab pertanyaan bagaimana. Kalimat pendapat umumnya berupa menurut saya, sebaiknya, berdasarkan. Pendapat menguraikan jumlah yang tidak diketahui persisnya (beberapa, sebagian)



Contoh pendapat :

Menurut saksi mata, Arini (15 tahun) terlihat berjalan ke arah sawah di seberang desa itu.
Protected by Copyscape Unique Content Check




Theme images by nicolecioe. Powered by Blogger.
Dear lovely readers, I am so sorry that you can not copy and then paste what I posted in this blog. I hope you understand about it, for all the hard work I put in writing those postings. But if you really need some contents of what I've posted, you can contact me then via 'Contact Me' 's menu. Thank you for your sincere understanding. Happy reading and learning! :)