Search

Content

Friday, January 11, 2013

Tajuk Rencana

 
sumber gambar dari SINI



Tajuk rencana merupakan sikap atau pandangan redaksi terhadap suatu masalah yang benar-benar aktual, atau sedang marak diperbincangkan di masyarakat luas.

 Tajuk berisi tentang ulasan atas permasalahan yang terjadi disertai opini (keberpihakan penulis) terhadap materi yang diulas. Dalam surat kabar, tajuk rencana merupakan berita pokok yang ditulis staf redaksi. Melalui sebuah tajuk rencana, kita dapat mengetahui sikap suatu media massa terhadap suatu masalah (kita dapat bersikap netral, mengkritik dengan santun, memuju, atau bahkan setuju terhadap apa yang ditampilkan dalam tajuk rencana tersebut).

Hal-hal yang terkait dengan tajuk rencana, yaitu:
1. Gagasan Utama Tajuk
Gagasan utama tajuk terletak di awal paragraf, akhir, atau awal-akhir paragraf. Karena gagasan utama merupakan pokok pembahasan, gagasan tersebut sering dibicarakan di dalam setiap paragraf.
2. Keberpihakan Penulis
Dalam keberpihakan penulis, terkandung perbedaan sudut pandang dan latar belakang yang dimiliki oleh penulis tajuk rencana menyebabkan adanya perbedaan dalam keberpihakan. Dalam hal ini, penulis tajuk bebas menentukan pihak mana yang didukung secara bijaksana.
3. Fakta dan Opini
Tajuk memiliki fakta pendukung. Fakta adalah hal nyata yang dapat dibuktikan kebenarannya, sedangkan opini merupakan pemikiran pribadi.
4. Simpulan
Dalam tajuk rencana, simpulan dapat diketahui berdasarkan letak gagasan pokok. Simpulan ini dapat dicari dengan menentukan ide pokok dari tiap paragraf, lalu dirangkai menjadi satu kalimat.
Protected by Copyscape Unique Content Check




Theme images by nicolecioe. Powered by Blogger.
Dear lovely readers, I am so sorry that you can not copy and then paste what I posted in this blog. I hope you understand about it, for all the hard work I put in writing those postings. But if you really need some contents of what I've posted, you can contact me then via 'Contact Me' 's menu. Thank you for your sincere understanding. Happy reading and learning! :)