Search

Content

Friday, January 11, 2013

Memahami Isi Wacana





sumber gambar dari SINI
 
Wacana merupakan satuan bahasa terlengkap yang direalisasikan dalam bentuk karangan atau laporan utuh, seperti novel, buku, artikel, pidato.

Untuk mengetahui isi wacana, diperlukan pemahaman mengenai gagasan dalam isi wacana tersebut, seperti gagasan utama, dan gagasan penjelas.

Gagasan utama paragraf merupakan ide pokok paragraf atau pikiran utama paragraf.
Gagasan utama paragraf adalah gagasan yang terdapat di dalam kalimat utama yang diperjelas oleh gagasan penjelas, dan menjadi inti pembahasan paragraf.

Gagasan penjelas paragraf adalah gagasan yang terdapat di dalam kalimat penjelas, yang berfungsi memperjelas gagasan utama, dan tidak menjadi inti pembahasan suatu paragraf. Gagasan penjelas dapat berupa bukti-bukti, contoh-contoh, fakta-fakta, penjelasan, data-data yang dapat digunakan untuk memperjelas gagasan utama.

Gagasan utama berkaitan dengan kalimat utama. Kalimat utama adalah kalimat yang diperjelas oleh kalimat-kalimat lain dalam paragraf. Jadi, kalimat utama adalah kalimat yang berisi gagasan utama. Kalimat utama ini dapat terletak di awal paragraf, di akhir paragraf, di awal dan di akhir paragraf, atau di keseluruhan paragraf.
Gagasan penjelas berkaitan dengan kalimat penjelas. Kalimat penjelas merupakan kalimat yang memperjelas, menguraikan, atau berisi rincian tentang kalimat utama.

Contoh gagasan utama dari paragraf:
Selama Mei 2010 ini Aremania mengumpulkan dana sumbangan. Dana itu digunakan untuk membeli bahan-bahan kebutuhan hidup, seperti beras, gula, teh, kopi, mie instan, dan lain-lain. Setelah itu, bahan-bahan tersebut mereka bagi-bagikan ke berbagai panti asuhan. Hal itu membuktikan, Aremania adalah pendukung yang memiliki kepedulian sosial.

Gagasan utama dari paragraf tersebut adalah Aremania adalah pendukung yang memiliki kepedulian sosial.
Protected by Copyscape Unique Content Check




Theme images by nicolecioe. Powered by Blogger.
Dear lovely readers, I am so sorry that you can not copy and then paste what I posted in this blog. I hope you understand about it, for all the hard work I put in writing those postings. But if you really need some contents of what I've posted, you can contact me then via 'Contact Me' 's menu. Thank you for your sincere understanding. Happy reading and learning! :)