Search

Content

Friday, January 11, 2013

Wawancara (Langkah, Petunjuk, Jenis)

 
gambar dari SINI


WAWANCARA
Wawancara merupakan dialog (tanya-jawab) yang dilakukan antara pewawancara dengan narasumber untuk mengumpulkan data atau informasi.

Adapun langkah-langkah wawancara, yakni:
a. Menentukan tema masalah yang akan ditanyakan pada narasumber;
b. Menentukan narasumber dan membuat kesepakatan dengan narasumber;
c. Menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara;
d. Melakukan wawancara dengan narasumber;
e. Menyusun laporan hasil wawancara.

Petunjuk cara menyusun pertanyaan wawancara, yakni:
a. Pertanyaan-pertanyaan disusun untuk memperoleh data dan informasi yang diperlukan sesuai dengan tujuan wawancara yang ditentukan;
b. Pertanyaan sebaiknya disusun tidak terlalu panjang. Setiap pertanyaan seyogianya menanyakan satu hal saja;
c. Kalimat pertanyaan disusun secara tepat, singkat, dan jelas;
d. Pertanyaan-pertanyaan yang disusun sebaiknya didiskusikan dahulu dengan beberapa pihak, terutama dengan orang yang lebih memahami persoalan yang hendak ditanyakan;
e. Kalimat pertanyaan menggunakan bahasa yang jelas, santun, tidak bertele-tele, dan tidak melanggar etika.
f. Dalam menyusun pertanyaan maupun laporan hasil wawancara seyogianya diperhatikan pilihan kata dan struktur kalimatnya.


Jenis-jenis wawancara, yakni:
a. Wawancara bebas, yakni wawancara yang pertanyaannya tidak direncanakan terlebih dahulu;
b. Wawancara terpimpin, yakni wawancara yang pertanyaannya ditentukan terlebih dahulu;
c. Wawancara terbuka, yakni wawancara yang jawabannya tidak terikat.
d. Wawancara tertutup, yakni wawancara yang jawabannya terikat (jawaban ‘ya’ atau ‘tidak’ saja);
e. Wawancara individual, yakni wawancara yang dilakukan oleh seorang pewawancara dengan seorang responden;
f. Wawancara kelompok, yakni wawancara terhadap sekelompok orang dalam waktu bersamaan;
g. Konferensi, yakni wawancara antara seorang pewawancara dengan sejumlah responden atau sejumlah pewawancara dengan seorang responden.

Kegunaan menyusun daftar pertanyaan wawancara, yakni:
a. Mempermudah jalannya wawancara;
b. Menghindari pembicaraan yang tidak sesuai dengan tema;
c. Menghindari pengulangan pertanyaan;
d. Menghindari terlewatnya informasi yang penting;
e. Mempermudah penyusunan laporan hasil wawancara.

Protected by Copyscape Unique Content Check




Theme images by nicolecioe. Powered by Blogger.
Dear lovely readers, I am so sorry that you can not copy and then paste what I posted in this blog. I hope you understand about it, for all the hard work I put in writing those postings. But if you really need some contents of what I've posted, you can contact me then via 'Contact Me' 's menu. Thank you for your sincere understanding. Happy reading and learning! :)