Search

Content

Friday, January 11, 2013

KLAUSA



 
sumber gambar dari SINI

Klausa, seperti frase, merupakan kelompok kata.  Akan tetapi, klausa merupakan kelompok kata yang memiliki konstruksi sintaksis yang mengandung unsur subjek dan predikasi, sedangkan frase tidak. Klausa belum berintonasi final layaknya kalimat.

Perbedaan antara klausa dan kalimat adalah:
  klausa tidak berintonasi akhir dan tidak bertanda baca
  kalimat berintonasi akhir, bertanda baca titik, tanda tanya, atau tanda seru

Contoh:

  ia datang → klausa

  ketika ia pergi → klausa

  Ia datang. → kalimat

  Ia pergi? → kalimat

  Pergi! → kalimat


Klausa dibedakan menjadi dua macam, klausa utama dan klausa bawahan.

   Klausa utama adalah klausa yang dapat berdiri sendiri sebagai kalimat dan isinya sudah dapat kita pahami. Dalam kalimat majemuk bertingkat, klausa utama berfungsi sebagai inti kalimat.
  Klausa bawahan adalah klausa yang belum lengkap isinya sehingga klausa itu tidak

dapat berdiri sendiri. Dalam kalimat majemuk bertingkat atau campuran, klausa ini berkedudukan  sebagai perluasan salah satu fungsi kalimat (fungsi: subjek, objek, pelengkap atau keterangan).  Klausa bawahan (subordinatif) yang menjadi  bagian klausa lain juga disebut klausa sematan.

Tedapat dua cara untuk menghubungkan klausa dalam kalimat majemuk, yaitu hubungan  koordinasi dan subkoordinasi.          

Hubungan koordinasi menghubungkan dua klausa  atau  lebih  yang  masing-masing  mempunyai kedudukan yang sama  dalam kalimat, sedangkan hubungan  subordinasi  menghubungkan  dua  klausa  yang  tidak mempunyai kedudukan yang sama  dalam kalimat. Konjugasi seperti  dan,  atau, dan tetapi menghubungkan klausa koordinatif  (setara) dan konjugasi seperti bahwa, sesudah dan kalau menghubungkan klausa subkoordinatif (tidak setara).

Protected by Copyscape Unique Content Check




Theme images by nicolecioe. Powered by Blogger.
Dear lovely readers, I am so sorry that you can not copy and then paste what I posted in this blog. I hope you understand about it, for all the hard work I put in writing those postings. But if you really need some contents of what I've posted, you can contact me then via 'Contact Me' 's menu. Thank you for your sincere understanding. Happy reading and learning! :)