Search

Content

Friday, January 11, 2013

Belajar Merangkum Bacaan


gambar dari SINI

Merangkum bacaan berarti menyajikan kembali bacaan (misalnya: paragraf, artikel, wacana, berita, artikel, buku, dsb.) dalam bentuk ringkas. Rangkuman atau ringkasan berisi uraian-uraian pokok, lalu disusun ulang menjadi karangan yang jauh lebih singkat. Isi rangkuman atau ringkasan harus mencakup seluruh bagian inti yang ada dalam sebuah bacaan.

Tujuan membuat rangkuman ialah untuk memahami sebuah bacaan secara lebih mendalam. Selain itu, rangkuman dapat digunakan untuk mengetahui isi bacaan dalam waktu singkat oleh orang yang belum sempat membacaan bacaan yang aslinya.

Langkah-langkah untuk merangkum bacaan:
1. Membaca dengan saksama seluruh bacaan yang akan dirangkum;
2. Mencatat gagasan-gagasan utama;
3. Menulis rangkuman berdasarkan gagasan utama.

Gagasan utama paragraf merupakan ide pokok paragraf atau pikiran utama paragraf.
Gagasan utama paragraf adalah gagasan yang terdapat di dalam kalimat utama yang diperjelas oleh gagasan penjelas, dan menjadi inti pembahasan paragraf.

Gagasan penjelas paragraf adalah gagasan yang terdapat di dalam kalimat penjelas, yang berfungsi memperjelas gagasan utama, dan tidak menjadi inti pembahasan suatu paragraf. Gagasan penjelas dapat berupa bukti-bukti, contoh-contoh, fakta-fakta, penjelasan, data-data yang dapat digunakan untuk memperjelas gagasan utama.

Gagasan utama berkaitan dengan kalimat utama. Kalimat utama adalah kalimat yang diperjelas oleh kalimat-kalimat lain dalam paragraf. Jadi, kalimat utama adalah kalimat yang berisi gagasan utama. Kalimat utama ini dapat terletak di awal paragraf, di akhir paragraf, di awal dan di akhir paragraf, atau di keseluruhan paragraf.

Gagasan penjelas berkaitan dengan kalimat penjelas. Kalimat penjelas merupakan kalimat yang memperjelas, menguraikan, atau berisi rincian tentang kalimat utama.

Contoh gagasan utama dari paragraf:
Selama Mei 2010 ini Aremania mengumpulkan dana sumbangan. Dana itu digunakan untuk membeli bahan-bahan kebutuhan hidup, seperti beras, gula, teh, kopi, mie instan, dan lain-lain. Setelah itu, bahan-bahan tersebut mereka bagi-bagikan ke berbagai panti asuhan. Hal itu membuktikan, Aremania adalah pendukung yang memiliki kepedulian sosial.

Gagasan utama dari paragraf tersebut adalah Aremania adalah pendukung yang memiliki kepedulian sosial.


Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf terdiri atas:
1. Paragraf deduktif
Paragraf deduktif merupakan paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal dan dimulai dengan pernyataan umum, kemudian menuju ke penjelasan-penjelasan khusus.

2. Paragraf  induktif
Paragraf induktif merupakan paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Adapun paragraf induktif diawali dengan penjelasan-penjelasan khusus, dan diakhiri dengan pernyataan umum.

3. Paragraf deduktif-induktif (campuran)
Paragraf deduktif-induktif (campuran) merupakan paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal dan di akhir paragraf sekaligus. Kalimat utama yang terletak di akhir paragraf bersifat menegaskan kalimat utama yang ada di awal paragraf.

4. Paragraf naratif/deskriptif
Paragraf naratif merupakan paragraf yang gagasan utamanya tersebar pada seluruh kalimat. Paragraf ini tidak memiliki kalimat utama. Semua kalimatnya merupakan kalimat penjelas dengan gagasan utamanya tersirat pada kalimat-kalimat tersebut. Jenis paragraf ini umumnya dijumpai pada karangan-karangan naratif (memaparkan peristiwa secara berurutan sesuai alur tertentu) atau karangan deskriptif (menjelaskan seolah-olah dengan panca indera dan perasaan).

5. Paragraf ineratif
Paragraf ineratif merupakan paragraf yang kalimat utamanya berada di tengah paragraf. Kalimat-kalimat yang berada pada awal paragraf seakan merupakan pengantar untuk menuju puncak (kalimat utama di tengah). Setelah kalimat utama diketahui, penulis masih menambahkan kalimat-kalimat penjelas lagi.
Protected by Copyscape Unique Content Check




Theme images by nicolecioe. Powered by Blogger.
Dear lovely readers, I am so sorry that you can not copy and then paste what I posted in this blog. I hope you understand about it, for all the hard work I put in writing those postings. But if you really need some contents of what I've posted, you can contact me then via 'Contact Me' 's menu. Thank you for your sincere understanding. Happy reading and learning! :)