Search

Content

Monday, December 31, 2012

Apa Itu Pesan dan Cara Penyampaiannya serta Konsep Dasar Percakapan






gambar dari SINI

Pesan merupakan perintah, nasihat, amanat, ataupun permintaan yang disampaikan melalui orang lain dari seseorang untuk seseorang yang lainnya. Pesan dapat disampaikan melalui telepon, ataupun melalui percakapan langsung (tatap muka).



Langkah-langkah menyampaikan pesan yang baik:

a. Dengarkan pesan tersebut secara baik dan saksama;

b. Tulislah pesan yang kamu terima (jika khawatir lupa akan pesan itu);

c. Sampaikan pesan tersebut kepada orang yang dituju dengan sopan.



Contoh pesan melalui telepon:



Kakak  : Halo, Sari. Ini Kakak! Apa ayah ada di rumah?

Sari      : Halo, Kak! Ayah sedang pergi ke warung sebentar.

Kakak : Wah, kalau begitu, tolong sampaikan kepada Ayah, ya! Kakak nanti pulang terlambat, karena Kakak harus mengerjakan tugas majalah dinding di sekolah.

Sari      : Baik, Kak. Nanti Sari sampaikan, ya.



Isi pesan : Kakak meminta Sari untuk menyampaikan pada ayah, bahwa kakak akan pulang terlambat karena kakak harus mengerjakan tugas majalah dinding di sekolah.

--- 

Percakapan merupakan pembicaraan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Salah satu bentuk percakapan adalah dialog. Di dalam dialog dapat dibahas suatu permasalahan. Dari dialog ataupun bentuk percakapan lainnya, dapat diperoleh informasi penting.



Percakapan dapat dilakukan secara tatap muka langsung, dan dapat pula melalui telepon.

Hal-hal yang sebaiknya diperhatikan ketika menerima telepon, yakni:

1. Menjawab telepon itu dengan sigap;

2. Menyiapkan pensil dan buku catatan (karena bisa saja penelepon ingin menyampaikan pesan untuk orang lain);

3. Menjawab dengan memberikan informasi yang baik, jelas, dan tepat;

4. Berbicara dengan suara yang jelas dan nada yang ramah;

5. Apabila belum merasa jelas dengan maksud atau suara si penelepon, sebaiknya kita bertanya padanya dengan sopan.



Langkah-langkah menelepon :

1. Angkat gagang telepon, lalu tekan nomor yang dituju, tunggulah hingga terdengar nada sambung.

2. Sapalah orang yang menerima telepon dengan sopan.

Contoh : Halo, selamat pagi/siang/sore/malam.

3. Sampaikan pertanyaan pembuka dengan jelas dan sopan.

Contoh : Maaf, apakah saya dapat berbicara dengan Lina?

4. Perkenalkan diri dengan sopan.

Contoh : Saya bernama Tari, teman sekolah Lina.

5. Sampaikan maksud yang jelas.

Contoh : Maaf, saya ingin menanyakan tugas sekolah kepada Lina, karena tadi saya tidak dapat masuk sekolah, Bu.

6. Akhiri dengan ucapan terima kasih dan salam penutup.

Contoh : Terima kasih banyak, selamat pagi/siang/sore/malam.


Protected by Copyscape Unique Content Check




Theme images by nicolecioe. Powered by Blogger.
Dear lovely readers, I am so sorry that you can not copy and then paste what I posted in this blog. I hope you understand about it, for all the hard work I put in writing those postings. But if you really need some contents of what I've posted, you can contact me then via 'Contact Me' 's menu. Thank you for your sincere understanding. Happy reading and learning! :)